Sabtu, 10 Maret 2012

MENGAPA KEBIJAKAN KESEHATAN SANGAT PENTING ?

Sektor kesehatan mempunyai peran yang sangat penting disamping banyak menyerap sumber daya, pendapat lain mengemukakan bahwa sektor kesehatan seperti pembangkit perekonomian, melalui inovasi dan investasidibidang teknologi medis atau produksi dan penjualan obat-obatan, atau dengan menjamin populasi yang sehat dan produktif secara ekonomi.
Karena pengambilan keputusan kesehatan berkaitan dengan kematian dan keselamatan, sehingga kesehatan diletakkan dalam kesdudukan yang lebih istimewa dibanding dengan masalah sosial lainnya.
Kesehatan juga dipengaruhi sejumlah keputusan yang tidak ada kaitannya dengan layanan kesehatan, seperti: kemiskinan yang mempengaruhi kesehatan, sama halnya dengan polusi, atau sanitasi yang buruk. Demikian pula dengan kebijakan ekonomi, seperti pajak rokok, atau alkohol yang dapat mempengaruhi perilaku masyarakat.
Memahami bahwa hubungan antara kebijakan kesehatan dan kesehatan itu sendiri sangat penting sehingga memungkinkan untuk penyelesaian masalahkesehatan utama yang terjadi pada saat ini, sekaligus memahami bagaimana perekonomian dan kebijakan lain berimplikasi pada kesehatan. Kebijakan kesehatan dapat memberi arahan dalam pemilihan teknologi kesehatan yang akan dikembangan dan digunakan, mengelola dan membiayai layanan kesehatan, atau jenis obat yang dapat dibeli secara bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar